Kamis, 12 Agustus 2010

Menunggu Kedatangan Ramadhan…..

Malam ini adalah malam Nisfu Sya’ban, yaitu pertengahan dari bulan Sya’ban. Bulan Sya’ban banyak dilupakan orang karena ada ditengah-tengah antara bulan Rajab dan bulan Ramadhan, dimana keduanya sangat terkenal keistimewaannya. Bulan Rajab istimewa karena terdapat peristiwa Isra Mikraj, sedangkan bulan Ramadhan kita semua tahu ini adalah bulan istimewa. Bulan Sya’ban keistimewaannya terdapat pada malam pertengahan atau tanggal 15 Sya’ban, yang disebut Nisfu Sya’ban.

Banyak daerah yang mempunyai tradisi yang berbeda dalam menyambut malam Nisfu Sya’ban. Begitu juga didaerahku, ditempatku ada yang namanya Bodo Puli (Lebaran Puli). Puli adalah sejenis makanan yang terbuat dari beras yang sudah dimasak menjadi nasi trus diberi campuran bahan-bahan lain (aku ga begitu tahu, maklum ga bisa masak…he..he…) trus ditumbuk sampai halus. Di daerah lain ada yang menyebut puli dengan sebutan gendar.

Biasanya acara ini diadakan di mushola atau masjid. Warga mengumpulkan puli, kemudian diadakan pengajian dan puli tadi dibagikan lagi pada yang datang. Sepertinya tradisi ini sudah jarang sekali, didaerahku saja hampir tidak ada. Dari aku kecil sampai sekarang keluargaku juga tidak mengikuti tradisi ini. Jadi tidak banyak yang bisa aku ceritakan disini.

Aku yakin bahwa tradisi tersebut pasti banyak sekali hikmah yang ada didalamnya. Pasti ada maksud kenapa ada tradisi bagi-bagi puli tersebut, aku tidak begitu tahu tentang masalah ini, jadi tidak berani untuk berpanjang lebar menjelaskannya karena takut kalau yang aku sampaikan salah. Dari yang pernah saya baca puli berasal dari kata u’ fu li yang berarti ampunilah aku. Mungkin ini dimaksudkan sebagai tanda bahwa pada malam Nisfu Sya’ban ini Allah akan mengampuni orang-orang yang memohon ampun. Semoga amalan yang telah kita lakukan di malam Nisfu Sya’ban ini diterima Allah, dosa-dosa kita diampuni, dan doa yang kita panjatkan didengar dan dikabulkan. Amien….

Tidak terasa, 15 hari lagi Ramadhan datang. Alhamdulillah….
Apakah kita sudah siap untuk menyambutnya? Kita harus siap, ini adalah bulan yang selalu ditunggu seluruh umat Islam di dunia. Bulan yang penuh keistimewaan didalamnya. Bulan dimana terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan, yaitu malam Lailatul Qadar. Semoga kita semua mendapatkan malam yang indah itu. Amien….

Sebelum memasuki bulan Ramadhan, aku minta maaf kepada semua teman-teman atas semua kesalahan yang aku sengaja ataupun yang tidak aku sengaja. Mohon dimaafin ya….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar